Kamis, 09 Juni 2016

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Berpuasa di bulan Ramadhan bagi umat muslim merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan selama satu bulan penuh. Hal ini dikarenakan puasa merupakan rukun islam dan wajib hukumnya dijalani bagi mereka umat muslim yang sudah baligh dan berakal serta beriman. Namun bagi mereka yang memiliki masalah dengan sakit maag sering kali mengalami kesulitan untuk menjalankan puasa. Karena rasa sakit akibat sakit maag akan semakin menyiksa jika tetap menjalankan puasa. Mengingat puasa adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan maka terpakas  harus tetap menjalani. Agar tidak semakin memperburuk kondisi sakit maag perlu dilakukan berbagai tips untuk melakukan puasa bagi penderita maag. Berkaitan dengan hal tersebut kali ini akan kami jelaskan secara paparkan pada penjelasan di artikel kali ini.

Seperti yang kita tahu penyakit maag sendiri merupakan penyakit yag terjadi karena diakibatkan terjadinya peradangan pada lambung yang menyerang pada orang yang memiliki pola makan yang tidak baik. Selain itu maag juga bisa disebabkan karena tingkat stres tinggi yang dialami oleh seseorang. Maka oleh karena itulah penderita maag sangat dianjurkan untuk dapat makan tepat waktu dan menghindari berbagai makanan yang dapat semakin memperburuk kondisi penyakit maag. Lantas bagaimana ketika harus menjalankan puasa? Nah langsung saja perhatikan ulasan berikut ini yaitu tips berpuasa bagi penderita maag. Karena tentu saja ulasan kali ini sangat bermanfaat bagi Anda penderita maag, diantaranya sebagai berikut!

Inilah Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Selalu Makan Sahur
Tips yang pertama yang harus diperhatikan oleh penderita maag sebelum melakukan puasa adalah usahakan selalu sahur. Dengan sahur bertujuan untuk mencegah lambung dalam keadaan kosong, selain itu juga dapat bermanfaat untuk mempertahankan tingkat keasaman lambung dalam batas normal. Selain itu bagi yang mengonsumsi obat maag jangan lupa untuk meminumnya sesudah makan sahur. Dengan begitu maag tidak akan kambuh dan membuat tersiksa saat berpuasa.

Segerahkan Untuk Berbuka
Jika sudah memasuki waktu untuk berbuka puasa, alangkah baiknya jika Anda dapat segera untuk berbuka puasa. Saat berbuka santaplah terlebih dahulu makanan yang mansi – manis seperti kurma sebanyak 2- 3 biji. Karena makanan yang manis tersebut sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga membuat asam lambung tidak naik. Setelah itu baru dapat Anda lanjutkan dengan makanan yang berat dan usahakan tetap menghindari makanan yang dapat membuat maag kambuh seperti makanan santan, pedas, asam dan masih banyak lagi lainnya.

Hindari Stres
Seperti pada penjelasan di atas, maag sendiri selain dapat disebabkan karena memiliki pola makan yang tidak baik juga karena disebabkan oleh stres yang berlebihan, maka oleh karena itulah pada saat puasa sebaiknya untuk menghindari kondisi stres yang berlebihan . karena stres dapat memacu metabolisme sehingga meningkatkan asam lambung yang menyebabkan kerusakan dinding lambung . Solusi untuk menghindari stres yang berlebihan saat berpuasa adalah dengan banyak melakukan ibadah seperti mengaji.

Minum Obat Teratur
Hal yang terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan minum obat secara teratur. Saat puasa tentu saja jadwal minum obat akan mengalami perubahan. Hanya ada waktu minum obat ketika sahur, buka puasa dan sebelum tidur. Nah dari waktu itulah usahakan agar dimanfaatkan dengan baik untuk mengonsumsi obat maag tersebut agar membuat sakit maag tidak kambuh dan sembuh.
Baca juga 
http://benergi.com/daftar-bahan-bakar-alternatif-pengganti-bbm
http://benergi.com/kelebihan-dan-kekurangan-pembangkit-listrik-tenaga-angin
http://benergi.com/mana-sajakah-daerah-penghasil-minyak-bumi-di-indonesia
http://benergi.com/macam-macam-gaya-dalam-ilmu-fisika-lengkap-dengan-contohnya
http://benergi.com/bagaimana-proses-pembentukan-minyak-bumi-sebenarnya
http://benergi.com/jenis-turbin-angin-lengkap-dengan-kekurangan-dan-kelebihannya
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar