Selasa, 07 Juni 2016

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur dan Solusinya

Bangun tidur untuk melakukan makan sahur memang merupakan tantangan terberat yang banyak dirasakan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan waktu sahur merupakan waktu dimana setiap orang masih menikmati enaknya tidur. Namun karena telah menjadi keharusan untuk melakukan sahur sebelum menjalankan puasa apa boleh buat kita harus tetap bangun untuk melakukan sahur. Hal ini dikarenakan sahur merupakan kunci energi untuk menjalankan puasa seharian. Setelah melakukan sahur tidak jarang dari mereka yang terus melangsungkan tidur kembali karena rasa ngantuk yang masih dirasakan oleh setiap orang. Padahal perlu diketahui kebiasaan tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama bagi sistem kerja organ dalam mencerna makanan. Selain itu masih banyak masalah serius lainnya akibat tidur setelah makan sahur. Lantas apa saja bahaya tidur setelah makan sahur ? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur dan Solusinya yang Dapat Anda Ketahui

Berat Badan Naik
Puasa memang membuat seseorang tidak makan dan tidak minum selama seharian. Tentu banyak orang yang berfikir ini dapat membuat tubuh kurus. Tapi hal itu akan berbanding jauh sebaliknya dimana tubuh mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Kondisi tersebut bisa terjadi dikarenakan kebiasaan tidur yang dilakukan setelah makan sahur. Tidur setelah makan sahur daat menyebabkan tubuh menjadi banyak menyimpan lemak. Terlebih lagi jika mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak, akan semakin mempercepat kenaikan berat badan. Tentu ini akan semakin memperburuk kondisi kesehatan Anda terlebih lagi bagi Anda yang sedang ingin melangsingkan tubuh.

Memicu Penyakit Stroke
Penyakit yangs atu ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya yang ditakuti oleh banyak orang. Resiko dari penyakit ini sangatlah berbahaya dan dapat muncul karena kebiasaan yang dianggap sepele oleh banyak orang salah satunya adalah tidur setelah makan sahur. Menurut sejumlah penelitian yang telah dilakukan, kebiasaan buruk langsung tidur setelah makan akan meningkatkan risiko terkena stroke. Karena itu, hindari kebiasaan tidur setelah makan, terutama saat makan sahur untuk puasa.

Sakit Pada Area Dada
Rasa sakit pada dada seperti sensasi panas akan sering dirasakan apabila melakukan tidur setelah makanan sahur. Hal ini dikarenakan ketika tubuh melakukan istirahat, disaat inilah sistem pencernaan menjadi bekerja lebih keras. Dengan begitu akan memicu terjadinya penyakit maag karena kadar asam lambung yang mengalami peningkatan. Naiknya zat asam pada lambung juga akan menyebabkan rasa panas pada bagian dada.

Sakit Tenggorokan
Hal yang terakhir akibat dari tidur setelah makan sahur adalah dapat memicu terjadinya sakit tenggorokan. Sensai panas bukan hanya dapat dirasakan pada dada saja melainkan juga pada area tenggorokan. Hal ini dikarenakan dipicu oleh refluks asam. Refluks asam ini terjadi saat katup antara perut dan esofagus tidak menutup sempurna. Kondisi ini terjadi ketika tubuh terbaring dalam kondisi perut penuh. Akibatnya asam lambung naik ke tenggorokan dan memunculkan sensasi seperti terbakar. Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja tentu akan semakin memperburuk dan menyebabkan terjadi peradangan.

Nah itulah penjelasan mengenai bahaya tidur setelah makan sahur yang dapat Anda ketahui. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada Anda sebaiknya menghindari kebiasaan tidur setelah. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua .
Baca juga 

http://benergi.com/daftar-bahan-bakar-alternatif-pengganti-bbm
http://benergi.com/kelebihan-dan-kekurangan-pembangkit-listrik-tenaga-angin
http://benergi.com/mana-sajakah-daerah-penghasil-minyak-bumi-di-indonesia
http://benergi.com/macam-macam-gaya-dalam-ilmu-fisika-lengkap-dengan-contohnya
http://benergi.com/bagaimana-proses-pembentukan-minyak-bumi-sebenarnya
http://benergi.com/jenis-turbin-angin-lengkap-dengan-kekurangan-dan-kelebihannya
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar